SMTP Test Tool Online Menggunakan smtper

Dalam rutinitas sehari - harinya pastinya tidak jauh dari yang namanya email, terutama dalam berbisnis. Email server sudah banyak tersedia di era modern saat ini. Mayoritas sudah menyediakan web version, dimana semua akses web dapat dilihat melaui web. Namun akan sangat merepotkan tentunya jika dikit - dikit buka web, maka itu mail server sudah menyediakan protokol standar yaitu Simple Mail Transfer Protocol (SMTP) untuk pengiriman email. Dimana smtp ini merupakan protokol yang digunakan untuk bisa meremote ke mail server yang kita gunakan untuk sending.(saya deskripsikan versi saya saja agar lebih mudah dicerna)

SMTP Test Tool Online Menggunakan smtper

Kita hanya perlu setting layanan mail client yang kita miliki sesuai dengan yang mereka infokan kepada kita. Saya pribadi biasanya test dahulu apakah setingannya sudah benar dan bisa digunakan. Dan tools yang biasa saya gunakan adalah smtper yang bisa sobat akses di https://www.smtper.net.

Berikut settingan pada SMTPer :

  • Pada SMTP host, isikan nama host mail yang dituju, misalkan untuk google bisa gunakan smtp-relay.gmail.com untuk smtp pada mail corporate biasanya menggunakan mail.nama-domain.co.id
  • Port SMTP secara default biasanya menggunakan 25. Sebagai alternatif bisa gunakan port 465 atau 587. Port 465 biasa digunakan untuk metode SSL dan port 587 untuk metode TLS 
  • Aktifkan Use Secured Connection jika menggunakan metode SSL. Abaikan hal ini jika menggunakan metode TLS.
    SMTP Test Tool Online Menggunakan smtper
  • Aktifkan Use authentication, karena pastinya membutuhkan otorisasi login pengguna akun mailnya untuk test send / pengiriman email ke tujuan.
  • Isikan username dan password email yang ingin digunakan sebagai sender / pengirim.
  • Isikan alamat email pengirim dan alamat email penerima pada kolom Email from dan Email to.
  • Pastikan otorisasi telah terisi dengan benar dan klik tombol send, jika konfigurasi berhasil maka akan menampilkan notifikasi Mail successfully sent.

Kurang lebih untuk inputan seperti berikut

SMTP Host : mail.nama-domain.com
Port : 25
Use Secured Connection : Checklist
Use authentication : Checklist
Login : [email protected]
Password : ********
Email from : [email protected]
Email to : [email protected]

Post a Comment for "SMTP Test Tool Online Menggunakan smtper"